Propam Mabes Polri, Selidiki Rumah Oknum Polisi Jadi Tempat Penampungan 24 Korban TPPO di Lampung

Posted by : akuratla June 8, 2023 Tags : MABES POLRI , PROPAM POLDA LAMPUNG , TPPO

Jakarta, (AL) : Sebuah rumah anggota polisi di Lampung disebut menjadi tempat penampungan 24 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal. Dugaan keterlibatan anggota polisi dalam kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) diselidiki Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Lampung.
 
“Baik ya ada informasi terkait dengan dugaan rumah anggota Polri yang dijadikan tempat transit sebagai tempat TPPO masih didalami oleh Divpropam Polda Lampung,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Juni 2023.
 
Ramadhan belum bisa berkomentar banyak perihal informasi tersebut. Ramadhan mengatakan Polri berkomitmen dan serius dalam menangani TPPO.

Hal itu dibuktikan dengan pembentukan Satgas TPPO yang diketuai Wakabareskrim Polri Irjen Asep Edi Suheri dan diwakili Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Hary Sudwijanto. Bahkan, kata Ramadhan, Satgas TPPO juga dibentuk di Polda jajaran.

“Jadi keseriusan ini, bukan siapa saja yang melakukan praktik-praktik tindak pidana perdagangan orang, kita akan melakukan tindakan yang tegas termasuk bila ada oknum anggota Polri yang terlibat kita akan tindak tegas,” ujar Ramadhan.

Informasi rumah anggota polisi menjadi tempat penampungan korban perdagangan orang disampaikan Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika saat konferensi pers di Polda Lampung, Rabu, 7 Juni 2023. Informasi itu disampaikan Helmy saat mengungkap penangkapan lima tersangka dalam kasus penampungan 24 calon PMI ilegal.

Tempat penampungan itu merupakan sebuah rumah yang berada di Jalan Padat Karya, RT 06, Rajabasa Raya, Rajabasa, Bandar Lampung. Helmy menyebut tengah mendalami rumah yang diduga milik salah satu anggota Polri.

“Kami juga berkoordinasi antara Propam Polda Lampung dengan Polda Mabes Polri untuk ikut mendalami melihat secara internal,” kata Helmy usai konferensi pers penetapan tersangka TPPO di Mapolda Lampung, Rabu, 7 Juni 2023 (RLS/FIKRI)

RELATED POSTS
FOLLOW US