Gubernur Lampung Lantik 7 Kekosongan JPTP Hasil Open Bidding Tunggu Jawaban KASN

Posted by : Zulfikri June 13, 2023 Tags : Arinal Djunadi , Dinas kominfo , Gubernur Lampung

 BANDAR LAMPUNG, (AL) –

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Plh. Kadis Kominfotik, Achmad Saefulloh di Kantor Dinas Kominfotik, Selasa (13/06/2023), menyatakan jika Gubernur Lampung dalam waktu dekat akan melakukan pelantikan terhadap peluru tujuh (7) Jabatan Pimpinan Pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, penilaian tim panitia seleksi terbuka (open bidding) pada 24 Mei 2023 yang lalu.

Dikatakan Plh. Kadis Kominfotik Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh di Kantor Dinas Kominfotik, Selasa (13/06/2023), bahwa Gubernur segera melakukan pelantikan setelah mendapat jawaban dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan tahapan-tahapan seleksi dengan berlandaskan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri PAN & RB Nomor 15 Tahun 2019, ujar Plh Kadis Kominfotik.

Diterangkannya pula, bahwa dalam proses seleksi JPTP, Pemerintah Provinsi Lampung sudah mengacu kepada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 sebagai wujud merit system dengan menggunakan prinsip transparan, akuntabel dan tidak diskriminatif dan dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri PAN & RB Nomor 15 Tahun 2019 dengan berbagai tahapan proses seleksi mulai dari portofolio, seleksi administrasi, uji penulisan makalah, uji kompetensi melalui asessment center dan wawancara.

“Semua hasil dan nilai setiap peserta seleksi JPTP dalam setiap tahapan-tahapan seleksi telah diterima oleh Gubernur Lampung dan telah dilaporkan ke KASN,” jelasnya.

Plh ini juga menyatakan jika Gubernur telah berkirim surat ke KASN terkait hasil Pansel Seleksi Pimpinan Pratama di Lingkungan Provinsi Lampung.

“Gubernur sudah berkirim surat dan tinggal menunggu jawaban dari KASN. Setelah ada jawaban dari KASN, baru Gubernur menjadwalkan pelantikan,” terang Plh. Kadis Kominfotik Provinsi Lampung.

Adapun tujuh Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang dilelang oleh Pemerintah Provinsi Lampung diantaranya Kepala BKD, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Perkebunan, Kadis Perpustakaan, Kadis ESDM, Kadis Pemuda & Olahraga, Karo Perekonomian.

Diberitakan sebelumnya, Aan Ansori, Ketua Forum Wartawan Hukum (Forwakum), memecahkan maksud dan tujuan Gubernur Lampung menggantung 7 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) hasil penghakiman Tim Seleksi Terbuka sesuai aturan yang telah diputuskan dan ditandatangani Ketua Tim Seleksi Terbuka yang juga Sekda Prov Lampung pada 24 Mei 2023.

Dikatakan Aan Ansori, Senin (12/06/2023), jika seleksi postingan lelang sudah sampai tiga kali dilakukan sejak tahun 2020 dan hasilnya dinilai tidak sesuai dengan keinginan Gubernur, lebih baik ditentukan saja oleh Gubernur Lampung tanpa diadakan lelang terbuka (Tunjuk Utama-red ). 

“Seleksi yang dilakukan menggunakan anggaran dan dilakukan terbuka dengan menghadirkan para tim ahli penguji guna menentukan pimpinan pratama yang sesuai dengan tempatnya dan memiliki kapasitas sesuai ketentuan guna bekerjasama dalam mendukung Gubernur untuk meningkatkan kemajuan Lampung, mengapa kok digantung,” tanya Ketua Forwakum ini. 

Menurut Ketua Forwakum, sudah sepatutnya Gubernur menjalankan tugas sesuai aturan dan ketentuan jabatan asn dan tidak membuat berhenti lama jabatan struktural di bawah naungannya hingga membuat pembangunan dan kemajuan menghambat Lampung (Mak Jelas-red). 

“Kalau seperti ini yang terjadi, sama saja menghabiskan anggaran saja dan lebih dari rekomendasi utama yang baik saja,” katanya. (Fikri).

RELATED POSTS
FOLLOW US