Serba-serbi Daun Sirsak, Ramuan Alami Sebagai Fitofarmaka Berbagai Keluhan Penyakit

Posted by : akuratla April 17, 2023 Tags : herbal , jamu , obat herbal

Penggunaan bahan alami dapat menjadi alternatif yang baik untuk menggantikan peran antibiotik. Rempah dari tumbuhan merupakan salah satu bahan alami yang biasa digunakan sebagai obat manusia sering disebut fitofarmaka.

Bahan alami yang saat ini sedang berkembang yaitu tumbuhan sirsak khususnya daun sirsak. Hal ini lantaran daun sirsak memiliki kandungan senyawa acetogenin yang lebih dominan dibandingkan dengan bagian tumbuhan yang lain.

Senyawa acetogenin yang terdapat pada daun sirsak memiliki banyak manfaat. Beberapa di antara manfaat tersebut termasuk sebagai antikanker, antitumor, anti-inflamasi, antidepresi, antivirus, dan antibakteri, serta pestisida sebab memiliki kansungan senyawa flafoniod, senyawa fenolat dan terpeniod.

Mengutip dari Jurnal Kimia, berjudul Pemberian Ekstrak Daun Sirsak untuk Memperbaiki Kerusakan Sel Beta Pangkreas Melalui Penurunan Kadar Glukosa Darah, Universitas Udayana, Sabtu (18/3/2023), ekstrak daun sirsak memiliki efek antioksidan yang cukup baik dengan persentase peredaman di atas 50 persen yaitu 82,90 persen. Hasil ini membuktikan ekstrak daun sirsak berpotensi meningkatkan kapasitas antioksidan dan menurunkan stres oksidatif.

Adapun sebenarnya bukan hanya daun sirsak saja yang kaya manfaat. Bagian tanaman sirsak yang dimanfaatkan sebagai bahan obat adalah buah, kulit kayu, bunga dan bijinya.

Dari penelitian yang pernah dilakukan, kandungan seskuiterpenoid, asam fenolat dan efek antioksidannya mampu berfungsi untuk memproduksi hormon insulin. Hormon ini sangat berperan menurunkan kadar glukosa darah, sehingga daun sirsak bisa digunakan mengobati diabetes dan berbagai macam penyakit lainnya.

Mengutip dari laman Kemendikbud, yang membahas tentang Obat Malaria Akut “Pohon Sirsak”, Sabtu (18/3/2023), sistem pengobatan tradisional yang dimiliki oleh Suku Napan dan Suku Yaur adalah warisan turun temurun dari nenek moyang dan juga hampir mirip dengan setiap suku yang berada di Nusantara. Pengetahuan mengenai obat tradisional yang dimiliki suku tersebut secara tak langsung dipengaruhi alam sekitar.

Suku Napan dan Suku Yaur yang berada di Kabupaten Nabire merupakan suku yang dikategorikan sebagi masyarakat pesisir. Sehingga bahan obat-obatan pun yang digunakan yaitu tumbuhan yang tumbuh berada di daerah pesisir.

Disebutkan bahwa warisan mengenai obat tradisional ini dahulu para nenek moyang mereka secara tak sengaja maupun sengaja. Mereka menggunakan tumbuhan-tumbuhan ini dalam aktivitas kehidupan mata pencarian baik berupa akar, kulit, batang, getah, daun, buah, biji dan sarinya.

Lantaran khasiatnya itu mendatangkan kebaikan bagi kehidupan mereka tetap dipelihara dan diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Pengobatan masyarakat Napan dan Yaur menggunakan pohon sirsak, adapun sirsak dalam bahasa Yaur lebih dikenal dengan sebutan Hanaphiamberi.

“https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5236544/serba-serbi-daun-sirsak-ramuan-alami-sebagai-fitofarmaka-berbagai-keluhan-penyakit”

RELATED POSTS
FOLLOW US