Pemkot Balam Siap Kembangkan 12 Desa Wisata dan Kuliner Lampung

Posted by : akuratla June 7, 2023 Tags : Parawisata Kota Bandar Lampung , Wisata Lampung

Bandarlampung – Sebagai bentuk pengembangan Wisata, Pemerintah Kota Bandarlampung telah menyiapkan 12 Desa Wisata di Kota Bandarlampung.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kota Bandarlampung melalui Sekretaris Dinas, Dirmansyah, Rabu (07/06/2023).

Dirmansyah mengatakan, hal tersebut sesuai dengan program Pemerintah Kota Bandarlampung dalam mengembangkan Kepariwisataan yang lebih maju. Sesuai Perda No. 6 tahun 2022 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah.

“Sesuai SK walikota, tentang penambahan desa wisata yang tadinya ada 3 desa wisata yaitu sumber agung, sumur putri, dan pulau pasaran, sekarang menjadi 12 Desa wisata yang tergolong dalam kategori Desa Wisata Budaya, Desa Wisata Religi dan Desa Wisata Agro,” ujar Dirmansyah.

Ia melanjutkan, pihaknya telah bekerjasama dengan 12 Universitas dan sedang dalam pembahasan persiapan konsep Perjanjian kerja Sama serta telah dilakukan kunjungan dan Diskusi

“Untuk perkembangan desa wisata itu, kita sudah bekerjasama dengan 12 Universitas untuk melakukan penelitian mulai dari survei, hingga penataan potensi dalam proses pengembangan desa wisata tersebut, dan saat ini sedang berjalan,” lanjutnya.

Selain Desa Wisata, Pemkot Bandarlampung juga berupaya dalam pengembangan kuliner khas Lampung, yakni dengan memasukkan menu makanan-makanan khas Lampung diseluruh Hotel dan Cafe di Kota Bandarlampung.

“Selain desa wisata, kita juga akan melakukan pengembangan dalam bidang Kuliner Lampung, kita akan bekerjasama dengan seluruh Hotel dan Cafe di Kota Bandarlampung agar kedepannya bisa disajikan makanan khas lampung dan nuansa hotel atau cafe itu juga akan kita buat dengan ciri khas adat budaya Lampung,” tutur Dirmansyah.

Berikut Desa wisata yang menajadi program pengembangan wisata Pemkot Balam:
Desa Wisata Religi:
1. Sukarame (Kawasan UIN Raden Intan Lampung)
2. Teluk Betung Utara (Masjid Al-Furqon)
3. Kemiling (Kawasan Kedaung)

Desa Wisata Budaya:
1. Rajabasa
2. Kedamaian
3. Negeri Olok Gading
4. Labuhan Ratu
5. China Town

Desa Wisata Agro:
1. Rajabasa Jaya
2. Agri Park Kemiling
3. Taman Hutan Kera (Fikri)

RELATED POSTS
FOLLOW US