Kapolda Lampung Dianugrahu Pin Emas Ungkap Kasus Mafia Tanah

Posted by : akuratla November 27, 2023 Tags : Kapolda Lampung , Kapolda Lampung Dapat Penghargaan Pin Emas

BANDARLAMPUNG, (AL) – Keberhasilan Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika,  melalui Tim Satuan Tugas (satgas) Anti Mafia Tanah dalam menangani Mafia Tanah di wilayah Lampung, mendapat Apresiasi dari Mentri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dengan memberikan piagam penghargaan dan Pin Emas.

Pemberian penghargaan ini berlangsung pada Rabu 08 Nopember 2023 di Hotel Grand Mercure, Jakarta atas keberhasilan penyampaian Perkara Mafia Tanah yang dijadikan target operasi satgas anti mafia tanah tahun 2023.

Tim menangkap dua kasus mafia pada tahun 2023, di mana enam orang telah ditangkap dan ditetapkan menjadi tersangka

Helmy Santika mengapresiasi kinerja Tim Satgas Anti Mafia Tanah wilayah lampung yang diemban oleh jajaran Ditreskrimum Polda Lampung, beserta Kejaksaan Tinggi Lampung, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lampung atas keberhasilannya dalam menyelesaikan target operasi (TO) tahun 2023.

“Dua perkara yang menjadi TO Satgas Anti Mafia Tanah itu sebanyak enam orang telah ditetapkan sebagai tersangka, pasal yang diterapkan adalah Pasal 263 KUHP atau Pasal 264 KUHP atau Pasal 266 KUHP Juncto Pasal 55 KUHP dengan ancaman maksimal 8 tahun penjara,” kata Helmy dalam keterangan tertulis, Rabu (8/11/2023).

Perkara pertama dilakukan oleh tersangka P, U, dan W dengan modus lahan milik korban yang diakui milik tersangka P.

Kasus ini bermula ketika korban mengajukan pinjaman kepada bank dengan jaminan sertifikat rumah dan lahannya. 

Kemudian tersangka P berpura-pura sebagai korban dan menjualnya kepada U dan W.

Sehingga atas perbuatan tersebut pelapor dirugikan dengan tidak dapat melakukan perbuatan hukum terhadap benda milik miliknya tersebut.

“Penjualannya menggunakan blanko sertifikat hak milik yang berbeda dengan milik korban,” jelasnya. (Juli)

RELATED POSTS
FOLLOW US